Pemilu 2024, Wagub Jabar Ingin Pelajar Diberikan Pengetahuan Politik

Pengetahuan Politik Pelajar
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum

Tasikmalaya, tandabaca.id
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berharap para pelajar SMA juga perlu diberi pengetahuan politik, agar menjadi pemilih cerdas, sebab mereka sudah punya hak suara pada Pemilu 2024, mendatang.

“Harus ada pencerahan terhadap siswa-siswi SMA, sehingga mereka bisa menjadi pemilih pemula yang cerdas. Bisa menentukan pilihan dengan rasional bukan atas dasar giringan-giringan,” kata Wagub Uu di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jumat (28/10/2022).

Dengan penjelasannya ini, Wagub Jabar ingin anak-anak muda juga harus melek politik, karena segala sektor kehidupan berkaitan dengan politik.

“Anak muda harus melek politik, karena sekarang itu cenderung apriori terhadap politik. Sebagai tunas harapan bangsa, mereka harus bisa bermanfaat bagi diri dan lingkungannya,” kata Wagub Uu.

Terkait pencalonan dirinya di Pemilu mendatang, Uu Ruzhanul Ulum mengaku langkah politiknya tergantung langkah politik RIdwan Kamil.

“Kalau Kang Emil maju lagi di Pilgub Jabar saya akan ikut Kang Emil. Kalau Kang Emil tidak di Pilgub Jabar saya siap maju (jadi Gubernur). Kalau sama Kang Emil saya teu wani ngalawan,” kata Wagub Jabar.

Pemilu Kondusif

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak mahasiswa dan pelajar untuk menghindari pertengkaran dan memperkuat persatuan.

Ini dikatakan Ridwan Kamil ketika bertemu dengan perwakilan pelajar, mahasiswa, dan komunitas kepemudaan Surakarta dalam rangka Hari Sumpah Pemuda 2022 di Omah Sinten Heritage Hotel & Resto, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat 28 Oktober 2022.

“Pesan saya bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, jangan suka bertengkar. Jangan suka membesarkan perbedaan,” katanya.

Terkait hal itu, Ridwan Kamil juga berharap Pemilu 2024 dapat berjalan secara kondusif dan damai. Menurutnya, siapapun pemimpinnya sudah ditentukan oleh Tuhan.

“Nah, kalau tidak suka bertengkar, insya Allah 2024 nanti kondusif. Damai. Siapa pun pemimpinnya sudah Allah tentukan. Yang penting kita ikhtiar dengan cara tidak bertengkar,” tegasnya. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *