Persib Bangkit, PSIS Tumbang, Man of The Match David da Silva, Ini Penjelasannya

David da Silva Berpeluang
Ungkapan kegembiraan David da Silva setelah mendapatkan brace di laga kontra PSIS Semarang (laman persib)

Bandung, tandabaca.id
Persib menang 2-1 dari PSIS di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung, Sabtu 13 Agustus 2022. Buahnya, klub sepakbola kebanggaan warga Jawa Barat ini bisa keluar dari zona degradasi.

Kemenangan ini menjadi hasil positif perdana yang didapat Persib sejak bergulirnya Liga 1 2022/2023 yang kejuaraannya sudah berlangsung sejak selama 4 pekan.

Sebelumnya Persib seri satu kali dan kalah dua kali, akibatnya tercebur keperingkat 17, dan kini peringkatnya sudah naik kembali, raihan PSIS dan Persib di klasemen sementara sama. Peringkatnya, antara 11 dan 12. Padahal di kejuaraan tahun sebelumnya Persib adalah runnerup.

Performa buruk itu juga yang membuat pelatih Robert Rena Alberts memutuskan mundur, dan untuk semantara, juru taktik Pangeran Biru dipercayakan kepada Bambang, asisten pelatih.

Persib Bangkit, David dan Silva adalah, mand of the match di pertandingan tersebut, dia mendapatkan brace di menit 25 lewat titik penalti dan menit ke56 lewat assist dari Ricky Kambuaya. Sementara gol satu-satunya dari PSIS dicetak oleh T Marukawa di menit ke-31.

Di laga ini, juga sempat terjadi kekeliruan, yang membuat pertandingan dihentikan sejenak. Karena tercipta gol gegara lemparan ke dalam, pengatur pertandingan awalnya melihat bola sepat kesenggol pemain, jadi lemparan itu dinilai berbuah gol.

Belakangan, setelah rekaman tayangan lambat diputar, tidak ada pemain yang menyenggol atau tersenggol bola, jadi gol akibat lemparan dalam itu dianulir. Aturan itu ada di regulasi.

Jalannya pertandingan:

Di menit-menit awal babak pertama, pertandingan berjalan lambat. Baik, Persib maupun PSIS bermain sangat hati-hati, tampaknya ingin terlebih dahulu membaca pola permainan lawan.

10 menit perdana berakhir, tidak ada satupun gol yang tercipta, baru setelah itu, Persib mulai berani menekan, namun Pangeran Biru, tampaknya kesulitan menembus lini pemain bertahan yang dipasang PSIS.

Sampai akhirnya, di menit ke-22 Persib bisa memecah kebuntuan. Berawal dari kemelut yang terjadi di mulut gawang, sampai akhirnya, tangan back PSIS tersentuh bola, tak pelak hukuman penalti pun ditiup.

Awalnya, David dan Silva yang ditinjuk menjadi eksekutor, sempat gagal mengeksekusi bola. Namun karena kiper Wahyu Tri Nugraha dinilai bergerak terlebih dahulu. Penalti pun diulang, dan David da Silva berhasil mengecoh kiper, gol tercipta dan skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Persib. Gol tercipta di menit ke-25.

Namun keunggulan Persib itu ternyata tidak bertahan lama di menit ke-31 Taisei Marukawa berhasil mencetak gol, lewat aksi individu usai menerima umpan dari Andreas Ado. Gol penyama skor 1-1 ini dihasilkan Marukawa, dari tendangn datar yang tidak mampu dihalau Made Wirawan.

Setelah itu, upaya cetak gol lagi yang coba dikulit skuad Persib selalu terbentur lini belakang PSIS. Hingga babak pertama berakhir skor tetap masih 1-1.

Di babak kedua, Dedi masuk menggantikan Kakang Rudiyanto.Masuknya Dedi membuat Rachmat Irianto digeser ke posisi bek kanan.

Upaya untuk tambah gol, digelorakan kembali, dan Persib pun kembali menaikkan tempo pertandingannya, lewat sisi flank. Febri dari Ciro bergantian mengeksploitasi pertahanan PSIS di kotak penalti, akibatnya serangan Persib mentok.

PSIS juga tidak mau tinggal diam, dengan mengandalkan kecepatan dari Taisei Marukawa dan Wawan Febrianto , dimainkanlah serangan balik. Akibatnya Persib kerap kerepotan saat dua pemain ini memegang bola.

Peluang Persib di babak kedua didapat melalui tendangan bebas di menit-56, namun bola tendangan Marc Klok membentur pagar pemain, dan hanya menghasilkan sepak pojok, tanpa ada gol.

Di menit ke-66, Persib akhirnya bisa mencetak gol juga, lagi-lagi lewat kaki David da Silva. Berawal dari serangan balik, Ricky Kambuaya akhirnya bisa mengambil bola, dan mengirimkannya ke David da Silva.

Pemain asal Brasil itu, menerima bola operan itu dengan manis, lalu menggiringnya hingga ke kotak penalti PSIS, saat bek berhasil dilewati, kiper PSIS coba rebut bola yang masih ada di kaki David da Silva. Saat kiper Wahyu Tri terkecoh, bola dilesakkan, gol kedua untuk Persib tercipta, skor berubah menjadi 2-1 untuk Pangeran Biru.

PSIS yang tertinggal satu gol atas Persib coba merespon dengan memainkan pemain-pemain yang memiliki naluri menyerang. Titus Bone masuk, Rahmad Hidayat juga dimasukkan, hingga Oktafianus Fernando.

Masuknya tiga pemain itu, membuat pola permainan tim asuhan Sergio Alexandre ini cukup merubah ritme permainan, sayang sejumlah peluang yang coba mereka ciptakan, belum bisa merubah angka di papan skor pertandingan.

Di penghujung waktu normal babak kedua, PSIS sukses mencetak gol spekulasi, yang selanjutnya disahkan wasit. Alfreandra Dewangga melakukan lemparan ke dalam, namun bolanya langsung mengarah ke gawang.

Bola lemparan Dewa sukses masuk ke gawang dan disahkan oleh wasit. Dinilai nggak bener, gol tersebut diprotes oleh pemain Persib Bandung karena menganggap tidak ada yang mengenai bola dari lemparan Dewangga.

Setelah berdiskusi dengan wasit tambahan di sisi gawang, wasit Totok menganulir gol Dewangga. Skor tetap 2-1 untuk keunggulan Persib. Kini giliran PSIS yang protes, tetapi protesnya nggak diindahkan.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tidak ada perubahan yang tercipta, Skor tetap 2-1. Persib Bandung menang atas PSIS.

David da Silva mengaku begitu bahagia setelah mencetak dua gol kemenangan untuk Persib. Menurutnya, kemenangan ini sangat penting untuk mengawali kebangkitan di kompetisi.

“Ini bukan soal saya mencetak dua gol. Yang terpenting adalah kami bisa mendapatkan tiga poin pertama. Saya tentu sangat senang karena kami akhirnya mulai bisa keluar dari masa sulit,” ungkapnya usai laga.

Selain itu, pemain bernomor punggung 19 ini juga sangat mengapresiasi kerja keras rekan-rekan di tim.

“Mereka pantas mendapatkan hasil ini. Kami semua bersatu untuk mencapai yang diinginkan. Teman-teman sudah berjuang habis-habisan dan kami akhirnya mendapatkan kemenangan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *