New Honda ADV 160, Skutik Bongsor Bergaya Adventur Semakin Keren

New Honda ADV 160 dengan aksesori resmi pabrikan (Foto: Astra Honda Motor/AHM)

Jakarta, tandabaca.id
Honda resmi meluncurkan New Honda ADV 160 untuk pasar Indonesia. Skutik bongsor bergaya adventure ini semakin keren, mendapat beberapa ubahan mulai dari desain, fitur hingga mesin yang lebih besar.

Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) Keiichi Yasuda mengatakan, untuk mendukung penampilan motor saat dikendarai, PT Astra Honda Motor (AHM) menawarkan pilihan aksesori resminya. Apa saja pilihannya?

Pertama ada center pad rubber yang dibanderol Rp 133.000, panel step floor Rp 600.000, hand guard Rp 500.000, garnish air cleaner Rp 161.000, serta garnish radiator Rp 180.000. Aksesori Honda Genuine Parts (HGP) bisa didapatkan di dealer-dealer resmi Honda.

Sekadar informasi, New Honda ADV 160 dijual dengan dua tipe, ABS dan CBS dengan total enam varian warna. Tipe ABS dipasarkan Rp 39.250.000 (On The Road Jakarta), tersedia dalam tiga warna, yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White. Pada tipe ini, emblem di samping bodi semakin manis dengan laburan warna Burn Titanium, begitu pula dengan pelek dan handle bar.

Sementara itu tipe CBS yang dijual seharga Rp 36.000.000 (On The Road Jakarta), mendapat tiga pilihan warna, yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.

Dari segi performa, motor ini didukung mesin 160 cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sekitar 11,8 kW @8.500 rpm dan torsi hingga 14,7 Nm @6.500 rpm.

Lalu untuk konsumsi bahan bakar, berdasarkan hasil tes internal dengan metoda WMTC-EURO 3, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 45 km/liter (fitur ISS on), diklaim mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

ADV 160 juga dibekali pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic. Khusus ABS, disematkan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini biasa dipakai di big bike dan motor-motor premium Honda, berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Selain itu, fitur ESS (Emergency Stop Signal) tetap jadi andalan, yang secara otomatis mengaktifkan lampu hazard saat pengereman secara mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

ACG starter melengkapi kemampuan motor ini agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini dikombinasi ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *