Kalah 0-2 dari Uzbekistan, Indonesia Tiga Kali Gagal Tembus perempat Final Asian Games

Kalah 0-2 dari Uzbekistan
Foto Laga Indonesia kontra Uzbekistan di babak 16 besar Asian Games 2023 di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, Kamis 28 September 2023. (Foto NOC Indonesia)

Jakarta, tandabaca.id
Kalah 0-2 dari Uzbekistan, Timnas U24 Indonesia untuk ketiga kalinya gagal tembus perempat final cabor sepakbola Asian Games 2023.

Pertandingan Indonesia kontra Uzbekistan di babak 16 besar Asian Games 2023 ini berlangsung di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, Kamis 28 September 2023.

Laga berlangsung dramatis, gol baru tercipta di babak extra time, nggak tanggung-tanggung, tiga gol sekaligus. Dua gol Uzbekistan syah semua, sedangkan satu gol dari Indonesia dianulir.

Gol yang dianulir hakim garis. Ramadhan Sananta berdiri offside saat menjaringkan bola dengan sundulan, meneruskan tendangan bebas.

Selain itu laga juga diwarnai banjir kartu kuning, bahkan Hugo Samir pada menit ke-113 dapat kartu kuning kedua, Indonesia pun dipaksa tanding dengan 10 pemain.

Saat defisit pemain itulah, gol kedua dari Uzbekistan pecah, dan Garuda pun dipaksa pulang ke Indonesia.

Dua gol kemenangan Uzbekistan dicetak oleh Sherzod Esanov masing-masing pada menit ke-92 dan 120+1.

Indonesia tiga kali gagal tembus perempat final Asian Games. Kegagalan pertama 2014 kalah 1-4 dari Korea Utara, Kedua kalah dari Uni Emirat Arab, lewat drama adu penalti. Ketiga kalah 0-2 dari Uzbekistan.

BABAK PERTAMA

Uzbekistan mendapatkan peluang pada menit kedelapan. Sundulan dari Ruslan Jiyanov masih melambung jauh dari gawang Indonesia yang dikawal oleh Ernando Ari.

Pada 10 menit awal laga, Indonesia susah untuk memberikan ancaman. Serangan Indonesia buntu di daerah sepertiga akhir permainan.

Indonesia mendapatkan tendangan sudut pada menit ke-15. Corner kick dari SyahrianAbimanyugagal dimanfaatkan untuk mengancam gawang Uzbekistan.

Peluang emas Uzbekistan pada menit ke-25 terlewat. Bola umpan sundulan Alibek Dravronov gagal dimaksimalkan oleh Jiyanov di muka gawang Indonesia.

Pemain Uzbekistan, Ulugbek Khoshimov, mendapat kartu kuning pada menit ke-32. Dia melakukan diving di kotak penalti Indonesia saat berebut bola dengan pemain belakang Indonesia.

Indonesia membahayakan gawang Uzbekistan pada menit ke-35. Umpan tarik Sananta mengarah ke Ramai Rumakiek, bisa disapu pemain belakang Uzbekistan.

Lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga membahayakan Uzbekistan! Tendangan Sananta pada menit ke-36 masih diblok pemain Uzbekistan, sekilas mengenai tangan. Beberpa pemain Indonesia mengangkat tangan tanda meminta wasit memutuskan handball.

Uzbekistan melakukan percobaan dari luar kotak penalti pada menit ke-42. Tendangan jarak jauh dari Jasurbek Jaloliddinov masih bisa ditepis Ernando Ari.

BABAK KEDUA

Uzbekistan melakukan percobaan dari luar kotak penalti pada menit ke-42. Tendangan jarak jauh dari Jasurbek Jaloliddinov masih bisa ditepis Ernando Ari.

Ernando Ari mampu melakukan penyelamatan penting untuk Indonesia. Dia mampu menepis tembakan bebas pemain Uzbekistan pada menit ke-51.

Uzbekistan menyamping! tembakan Khusain Norchaev dari jarak dekat masih melebar tipis dari gawang Indonesia.

Ulugbek Khoshimov memberikan ancaman untuk Indonesia pada menit ke-59! Sepakannya juga cuma menggetarkan jala gawang Indonesia dari samping saja.

Gempuran Uzbekistan terus menyasar gawang Indonesia. Pada menit ke-64, sundulan Alibek Davronov juga masih melambung jauh. Sundulan Jasurbek Jaloliddinov 11 menit berselang juga masih menyamping.

Blok penting dilakukan oleh Rizky Ridho untuk mencegah gawang Indonesia kebobolan. Dia memblok tendangan Alisher Odilov pada menit ke-82.

Indonesia mengancam pada menit ke-84. Sepakan jarak jauh Muhammad Taufany masih melambung jauh dari mistar gawang Uzbekistan.

Gawang Indonesia terancam pada menit ke-86. Tembakan bebas Jaloliddinov sudah tepat sasaran, bisa ditangkap oleh Ernando Ari.

EXTRA TIME

Gol untuk Uzbekistan hadir pada menit ke-92. Berawal dari tendangan sudut, Uzbekistan membobol gawang Indonesia via tendangan Sherzod Esanov dari jarak dekat.

Ernando Ari kembali melakukan penyelamatan untuk Indonesia. Tembakan Khosain Norchaev pada menit ke-104 yang ditepis Ernando hingga membuahkan tendangan sudut bagi lawan.

Ketinggalan satu gol, Indonesia masih sulit untuk menekan gawang Uzbekistan. Suplai bola untuk lini depan Indonesia masih minim hingga tak bisa menciptakan peluang.

Tendangan Rizky Ridho pada menit ke-107 belum membuahkan hasil. Bolanya masih diblok barisan bek Uzbekistan.

Gol Indonesia pada menit ke-110 dianulir oleh hakim garis. Ramadhan Sananta berdiri offside saat menjaringkan bola dengan sundulan meneruskan tendangan bebas.

Defisit pemain, Indonesia malah bermain dengan 10 pemain. Hugo Samir mendapatkan kartu kuning kedua karena menyikut Makhmudjon Makhamadjonov pada menit ke-113.

Uzbekistan menambah gol pada menit ke-120. Esanov menjebol gawang Indonesia meneruskan sebuah umpan tarik.

Hingga pertandingan selesai, Indonesia tak bisa mengejar defisit gol. Tim Merah-Putih tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2023.

Dengan hasil ini, Indonesia belum beranjak dari raihan babak 16 besar sejak Asian Games memberlakukan aturan menggunakan pemain U-23 pada 2002.***

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *