Kompolnas Tanggapi Soal Dikabulkannya Gugatan Praperadilan Pegi

Kompolnas Tanggapi Praperadilan Pegi
Putusan Hakim PN Bandung atas gugatan praperadilan yang diajukan Pegi Setiawan.

Bandung, tandabaca.id
Kompolnas tanggapi soal dikabulkannya gugatan praperadilan Pegi Setiawan oleh Hakim Tunggal Eman Sulaiman dalam sidang pembacaan putusan di PN Bandung, Senin 8 Juli 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen (Purn) Benny Mamoto dalam konferensi pers di Polda Jabar, Senin 8 Juli 2024.

“Kompolnas selaku pengawas eksternal Polri, sejak awal kasus ini dilakukan penyidikan kami mengawal terus. Beberapa kali kami turun, kami mendatang di gelar perkara, kemudian kami juga mengikuti persidangan hari ini,” katatanya.

Dalam konferensi pers itu, Benny didampingi Kabid Humas Polda Jawa Barat, Julius Abraham Abast.

Irjen (Purn) Benny menegaskan, Kompolnas mencermati adanya pertimbangan hakim, beberapa pertimbangan hakim akan menjadi masukan.

Di antaranya, jelas Irjen (Purn) Benny, evaluasi bagaimana implementasi Perkap (peraturan kepala kepolisian) daan Perpol (peraturan kepolisian) tentang manajemen penyidikan.

“Hakim berpendapat ada beberapa hal yang tidak dipenuhi oleh sebab itu. Oleh sebab itu, kami dari Kompolnas tentunya ada dua sisi,” katanya.

Maksudnya, di satu sisi tentang bagaimana evaluasi penanganannya dan sisi lainnya soal evaluasi Perkap dan Perpol.

“Karena aturan itu, tidak harga mati. Itu terus dievaluasi sesuai perkembangan yang ada. Jenis kasus, tidak bisa dipukul rata. Satu Perkap dan Perpol tentang manajemen penyidikan ini, tidak bisa semua kasus disamakan, ada perbedaannya,” terangnya.

“Seperti itu, kami melihat dari sisi sana, beda kasus penipuan dengan kasus pembunuhan. Beda dalam hal penanganannya. Beda SOP-nya,” katanya kembali.

“Inilah hasil pengamatan kami. Makanya tadi kami hadir, dan mencermti apa pertimbngan hakim, sampai dengan putusan diberikan,” tegasnya.

“Kami menghormati putusan hakim, dan tentang praperadilan ini, tentunya Polri akan mematuhi dan melaksanakan putusan tersebut,” pungkasnya.***

BACA INI JUGA
Ada Dua Poin Disampaikan Polda Jabar Soal Dikabulkannya Gugatan Praperadilan Pegi

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *