Menang 2-0 atas Filipina, Indonesia Lolos Babak Ketiga dan Piala Asia 2027

Indonesia menghadapi Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024) malam WIB, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Foto PSSI)

Jakarta, tandabaca.id
Menang 2-0 atas Filipina, Timnas Indonesia melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sekaligus meraih tiket lolos ke Piala Asia 2027.

Laga Indonesia Vs Filipina itu, berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa 11 Juni 2024 pukul 19.30 WIB.

Gol kemenangan Indonesia itu dihasilkan oleh Thom Haya di menit 32 selanjutnya digenapkan oleh Rizky Rido pada menit ke-55.

Kemenangan itu, antarkan Indonesia finis di posisi runner up Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan mengemas 10 poin, juaranya Irak karena berhasil mengemas 15 poin.

Sedangkan, timnas Filipina tetap bertahan di posisi paling buncit atau peringkat keempat dengan koleksi satu poin.

Adapun peringkat ketiganya Vietnam, belum diketahui berapa poin yang akan dimiliki golden stars Warriors –poin saat ini 6. Laga Irak Vs Vietnam akan dilakukan beberapa jam ke depan.

Hasil ini juga, membuat skuad Garuda dinyatakan layak lolos Piala Asia 2027 yang kejuaraannya akan digelar di Arab Saudi pada Januari 2027.

Babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diikuti 18 negara, oleh karenanya turnamen itu nantinya dibagi menjadi tiga grup. Masing-masing dihuni enam tim.

Mengutip dari laman football-ranking.com, kemenangan atas Filipina membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 11,72 poin di ranking FIFA.

Alhasil, perolehan angka skuad Garuda mencapai 1,108.72 poin.

Babak Pertama

Babak pertama di mulai, Indonesia langsung menerapkan pressing tinggi. Sejumlah tusukan menjanjikan diperagakan Marselino Ferdinan dkk, namun belum terselesaikan dengan baik.

Thom Haye merangsek dari kanan pada menit keenam, lalu memberi umpan tarik ke Ragnar Oratmangoen. Namun bola diblok oleh bek Filipina.

Dua menit berselang, Thom Haye kembali beraksi, kali ini, dia menerima sodoran dari Asnawi Mangkualam. Umpan silangnya ditanduk oleh Marselino dan masih tepat ke arah kiper Kevin Ray Mendoza.

Sebuah sepakan keras dari Calvin Verdonk dari sudut sempit di sisi kiri belum mengarah ke gawang. Sayang, bola sepakannya itu, meluncur deras ke atas.

Peluang emas buat Indonesia pada menit ke-28. Umpan silang Rafael Struick disambar Verdonk di tiang jauh, tapi masih bisa dihalau oleh kaki kiper Mendoza.

Tak lama berselang, Marselino coba menusuk dan melepas tembakan dari tengah. Belum membuahkan hasil. Sundulan Justin Hubner dari sepak pojok juga cuma menyamping saja.

Garuda merebut bola di area tengah lapangan, lalu dialirkan ke Thom Haye. Pemain bernomor punggung 19 itu lantas melepaskan sepakan terukur ke pojok kanan gawang dari depan kotak penalti. Gol! Indonesia menang 1-0 di menit ke-32.

Ragnar Oratmangoen melakukan sepakan spekulatif dari luar kotak penalti pada menit ke-42. Sayang bolanya masih melesat ke atas mistar gawang saja. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai, timnas langsung menggebrak selepas rehat. Oratmangoen gagal menyambar bola di depan gawang, demikian pula pada kesempatan kedua saat Verdonk mengirim umpan.

Sebuah percobaan dari Jesper Nyholm hampir mengancam Indonesia. Bola masih berakhir di samping gawang.

Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On disambar sundulan Rizky Ridho di depan gawang dan menaklukkan kiper. Gol!!! Indonesia unggul 2-0 padamenit ke-55.

Setelah itu, Indonesia nyaris mencetak gol ketiga pada menit ke-71. Sundulan Jay Idzes menyambut sepak pojok cuma membentur tiang gawang.

Timnas Indonesia terus mengontrol permainan. Skor tak berubah lagi sampai peluit panjang dibunyikan. Indonesia menang 2-0 atas Filipina.***

BACA INI JUGA
Ingin Menang Lawan Filipina, Indonesia Patut Waspada Kekuatan Lawan
Indonesia Siap Tampil Habis-habisan Lawan Filipina
Indonesia dan Vietnam Bersaing untuk Menjadi Pendampingi Irak, Siapa yang Pantas!

 

 

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *