Wisata  

Toko Jamu Babah Kuya, Masih Ada Bahkan Semakin Eksis Saja

Toko Jamu Babah Kuya
Toko Jamu Babah Kuya

Toko Jamu Babah Kuya masih ada, bahkan semakin eksis saja. Padahal, sudah beraktivitas sejak 1838. Termasuk salah satu legenda Bandung tempo doeloe.

Bandung, tandabaca.id
Di Kota Bandung terdapat sebuah toko jamu tradisional yang dinamai Toko Jamu Babah Kuya. Terletak di belakang Pasar Baru, tepatnya di Jalan Pasar Barat No. 44, Kecamatan Andir.

Toko ini didirikan pada tahun 1838 oleh seorang laki-laki dengan segudang pengetahuan tentang obat-obatan tradisional.

Nama Toko Babah Kuya sendiri diambil dari pendiri pertama yang kerap disapa Babah Kuya oleh masyarakat setempat pada masanya.

Diketahui hingga saat ini toko jamu tersebut sudah masuk generasi ke lima dari pendiri awal. Aroma jamu herbal yang khas akan tercium begitu pelanggan masuk ke toko tersebut.

Hendra Tanuwirja selaku pemilik generasi ke lima dari toko jamu legendaris ini mengatakan, di tokonya tersedia berbagai macam jamu herbal dari tanaman tradisional dengan harga berbeda-beda, yang dipasok dari seluruh Indonesia.

Toko Jamu Babah Kuya
Toko Jamu Babah Kuya

“Di sini terdapat banyak jenis jamu, diantaranya yang berasal dari tanaman obat-obatan, seperti temulawak, kunyit, jahe, daun sirsak, dan lain-lain. Jamu dibanderol dengan harga mulai dari Rp10.000/ons sampai Rp200.000/ons,” ucap Hendro, Senin, 6 Februari 2022.

Tidak hanya itu, uniknya pembeli juga bisa berkonsultasi langsung atas penyakit yang dideritanya sehingga penjual dapat merekomendasikan obat apa yang cocok dengan penyakit tersebut.

“Di toko ini juga, pembeli bisa berkonsultasi terlebih dahulu tentang penyakit yang dialami. Lalu, kami akan memberikan rekomendasi jamu yang cocok untuk mengatasi penyakit tersebut,” ujar Hendra.

Toko ini tidak memiliki cabang lain, alias hanya ada di Kota Bandung. Namun pembeli bisa membelinya melalui whatsapp owner.***

BACA INI JUGA

Mampir Yuk, Ini 4 Tempat Kuliner Asik di Pasar Cihapit Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *